Mandailing Natal

HORAS

Halak kamian do au
kawan

Senin, 02 Januari 2012

Marguerite Duras

Dikutip dari Padang Ekspres September 2011 oleh Hasan Junus.

Nama lengkap pengarang perempuan perancis yang lahir di Dinh (suatu tempat warga Prancis bermastautin tak jauh dari Saigon yang sekarang bernama Ho Chi Minh City) pada tahun 1914 ini ialah Marguerite Donnadieu Duras. Ibunya seorang guru sekolah dasar yang membesarkan tiga anaknya sendirian. Baru pada usia 18 tahun Marguerite pindah ke Paris, memulai karirnya sebagai pengarang setelah mengenyam pendidikan ilmu hukum sains politik dan matemata

Sepanjang hidupnya ia tanpa henti menjadi perempuan yang sangat aktif dan mendapat perhatian dunia dalam bidang sastra, pentas dan film. Di bidang kesastraan dia mempunyai konsep yang khas, semacam pernyataan bahwa dia tidak sama dengan orang lain, warna dan sosok dirinya bukanlah sebagi pengekor orang lain. Ada tiga rangkaian yang senantiasa ikut serta yaitu cinta, hidup, dan kematian.

Dalam pembukaan novelnya Sang Pencinta Marguerite membayangkan dirinya telah tua sebagai berikut: suatu hari, Aku sudah tua, dipintu masuk sebuah ruangan, seorang laki-laki masuk mendekat. Ia memperkenalkan dirinya dan berkata “saya sudah mengenal anda sejak lama.orang-orang bilang Anda cantik ketika muda, tapi saya hendak mengatakan kepada anda menurut Saya Anda lebih cantik sekarang dibandingkan dengan dulu. Daripada wajah Anda sewaktu muda saya lebih menyukai wajah anda sekarang. Reveged “baik diingat bahwa karya itu menyebabkan Marguerite meraih hadiah Goncourt pada tahun 1984 ketika Ia sudah berusia 70 tahun. Karya ini dicetak sebanyak 3 juta eksemplar dan diterjemahkan ke 40 bahasa termasuk kedalam bahasa Indonesia.

Karya yang mengantarkan Marguerite duduk sejajar dengan pengarang lainnya dengan judul yang berasal dari terminology music Moderato Cantabile muncul di tahun1958. Karya ini terjual sebanyak 5 juta eksemplar. Karya ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang disebutkan oleh si pengarang pada akhir cerita sebagai “Ia femme adultere/perempuan penzinah”.

Marguerite Duras meninggal dunia di Paris setelah bertaburan dengan penghargaan sebagai pengarang, penulis naskah sandiwara dan pembuat film pada tanggal 3 maret 1996.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar