Mandailing Natal

HORAS

Halak kamian do au
kawan

Rabu, 29 Februari 2012

Macam-Macam Surat dan Bahasa Surat

Oleh:

I                   MACAM MACAM SURAT
Dalam kehidupan sehari-hari terdapat bermacam-macam surat yang beredar baik antar organisasi, antar instansi maupun antar perusahaan.  Dalam hal-hal tertentu jelas ada perbedaan-perbedaan, baik asal surat, sifat surat, tujuan, cara pembuatan, cara pengiriman dan lain sebagainya. 
Jenis-jenis surat dapat ditinjau dari beberapa segi sebagai mana diuraikan berikut ini:
1.        Berdasarkan Sifat Surat
Berdasarkan sifatnya surat dapat digolongkan menjadi 3 jenis
a.    Surat Pribadi
Adalah surat-surat yang bersifat kekeluargaan, surat-surat yang berisi masalah keluarga, baik tentang kesehatan, keuangan keluarga, dan sebagainya,
b.   Surat Dinas/Resmi
Alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan berita/informasi yang berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan kedinasan/kegiatan dinas sebuah instansi pemerintah.
c.    Surat Niaga
Adalah surat-surat yang berisi soal-soal perdagangan yang dibuat oleh perusahaan yang dikirimkan kepada para pelanggan.
2.        Berdasarkan Wujud Surat
a.    Kartu Pos
Kartu pos adalah blangko yang dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia atau instansi lain yang telah diberi izin oleh PT Pos Indonesia untuk mencetaknya asal sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan PT Pos Indonesia.
Kartu pos biasanya dibuat dengan menggunakan kertas karton yang berukuran 15 cm x 10 cm.  Kartu pos mempunyai dua bagian yaitu:
·           Bagian depan atau muka untuk menulis nama atau alamat pengirim serta penerima.
·           Bagian belakang untuk menulis berita-berita yang disampaikan.
b.   Warkat Pos
Adalah sehelai kertas yang telah dicetak dengan memakai lambing dan petunjuk penulisan berita, yang dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia atau instansi yang telah diberi izin.
Warkat pos dapat dilipat-lipat sehingga lipatan luar dapat dipakai menulis nama dan alamat pengirim serta penerima.  Bagian lipatan dalam untuk menulis berita-berita yang akan disampaikan.  Surat dengan memakai warkat pos bertujuan bertujuan untuk surat yang bersifat keluarga, yang isinya berita yang panjang-panjang, yang bersifat rahasia keluarga, bukan keperluan dinas atau bersifat resmi.
c.       Surat Bersampul
Adalah surat-surat yang isinya atau beritanya ditulis pada kertas lain, kemudian kertas surat tersebut dimasukkan ke dalam sampul atau amplop.
d.      Surat Kilat
Surat kilat adalah surat yang pemberangkatan dan pengantarannya diutamakan dari surat biasa. Diusahakan bahwa surat itu harus sampai dalam 1 x 24 jam. Cara pengiriman dapat dilakukan dengan hanya membeir perangkoyang telah ditentukan oleh Peru Pos dan Giro yang lebih mahal dari perangko surat biasa.
e.       Surat Terbuka dan Surat Tertutup
Surat Terbuka adalah surat-surat yang isinya dapat dibaca oleh umum. Misalnya surat dari pembaca untuk sebuah instansi melalui redaksi surat kabar, majalah, tabloid dan sebagainya.
Surat Tertutup adalah surat-surat yang dikirimkan kepada alamat tertentu dan isinya tidak boleh diketahui orang lain.
f.       Memorandum dan Data Nota Memorandum
Memorandum dan Data Nota Memorandum adalah satu alat komunikasi berupa surat-surat dilingkungan dinas yang penyampaiannya tiak resmi dan digunakan secara intern ( didalam lingkungan sendiri).
g.      Telegram
Telegram adalah suatu alat komunikasi dengan cara menyampaikan berita-berita melalui radio atau alat telegrap mengenai sesuatu hal yang perlu mendapat penyelesaian dengan cepat.
3.    Berdasarkan Keamanan isinya
a.      Surat Sangat Rahasia
Surat Sangat Rahasia adalah surat-surat yang biasanya digunakan untuk surat-surat yang berhubungandengan keamanan negara atau surat-surat yang berupa dokumen negara, sehingga bilasurat ini jatuh ketangan yang tidak berhak maka akan membahayakan masyarakatatau bangsa dan negara.
b.      Surat Rahasia
Surat Rahasia adalah surat-surat yang isinya harus dirahasiakan atau tidak boleh dibaca oleh orang lain, karena kalau jatuh ketangan orang yang tidak berhak akan merugikan perusahaan atau instansi tersebut.
c.       Surat konfidensial 
Surat konfidensial adalah surat-surat yang termasuk surat rahasia karena isinya tidak boleh diketahui oleh orang lain, cukup diketahui oleh pejabat yang bersangkutan karena kalau jatuh kepada orang yang tidak berhak akan mencemarkan nama baik orang tersebut.
4.      Surat Berdasarkan Proses Penyelesaiannya
a.       Surat Sangat Segera atau surat kilat
Surat yang harus dikirimkan dengan sangat segera atau kilat adalah surat yang harus ditangani secepat mungkin pada kesempatan yang pertama, karena surat ini harus segera dikirimkan secepatnya sebab penerima harus cepat menanggapi dan menyelesaikannya.
b.    Surat Segera
Surat Segera adalah surat yang secepatnya diselesaikan tetapi tidak perlu pada kesempatan yang pertama dan segera dikirimkan supaya mendapat tanggapan dan penyelesaiannya dari pihak penerima.
c.       Surat Biasa
Surat Biasa adalah surat yang tidak perlu tergesa-gesa untuk penyelesaian karena tidak perlu mendapat tanggapan yang secepatnya dari penerima.
5.                  Jenis Surat berdasarkan jumlah penerima surat.:
a. Surat perorangan, yaitu surat yang dikirim kepada seseorang atau satu organisasi tertentu.
b. Surat edaran, yaitu surat yang dikirim kepada beberapa pejabat atau beberapa orang tertentu.
c. Surat pengumuman, yaitu surat yang ditujukan kepada sejumlah orang atau pejabat sekaligus.
6.                  Jenis Surat berdasarkan Tujuan Penulisan.
Berdasarkan tujuan penulisannya, surat dapat berupa surat pemberitahuan. Surat perintah, surat permohonan, surat peringatan, surat panggilan, surat pengantar, surat keputusan, surat laporan, surat perjanjian, surat penawaran, dan sebagainya.
7.                  Berdasarkan ruang lingkup sasarannya
Berdasarkan ruang lingkup sasarannya surat terbagi atas surat intern dan surat ekstern.
II.                BAHASA SURAT
Agar dapat dimengerti maksud dan tujuan surat secara jelas, harus disusun dengan mengggunakan bahasa yang relatif singkat. Sebelum menulis surat hendaknya dipertimbangkan sebaik mungkin, baik penyusunan kalimat, arti maupun ketepatan penggunaan kata-kata. Hindari pemakaian kata-kata yang kurang tepat serta jangan menyinggung perasaan orang yang dikirimi surat. Bahasa yang digunakan harus benar atau baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, baik tentang ejaan, pemilihan kata, bentuk kata, maupun kalimat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan bahasa surat adalah sebagai berikut.
·                     Hindari kalimat yang penjang dan berbelit-belit
·                     Gunakan kata-kata dan istilah yang sudah lazim dipai
·                     Tempatkan tanda baca dengan tepat
·                     Gunakan ejaan yang benar
·                     Gunakan singkatan yang umum dipakai
Salah satu syarat agar surat dikatakan baik kalau jelas dan sopan, hal itu akan dapat dicapai kalau kita menggunakan bahasa praktis. Bahasa praktis, maksudnya adalah :
1.                  Menggunakan kata yang minim, dapat dimengerti asrtinya oleh      penulis surat
2.                   Penulis mampu menggunakan kata tersebut
3.                  Kata yang dipergunakan sederhana, umum, bukan kata daerah, asing, dan lain-lain.
Selain sebuah keharusan mempergunakan bahasa praktis keberhasilan suatu surat juga dipengaruhi oleh gaya bahasa.  Dalam surat menyurat gaya bahasa sangat dipengaruhi oleh dua factor yaitu :
a.Kedudukan penulis surat terhadap yang dikirim surat. 
b.Persoalan yang akan dikemukakan di dalam surat, misalnya: intruksi, pemberitahuan, permohonan dan sebagainnya.
Bahasa surat haruslah efektif. Untuk itu bahasa surat haruslah logis, wajar, hemat, cermat, sopan dan menarik. Sedapat mungkin dihindari pemakaian kata-kata asing yang sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Bahasa efektif ialah bahasa yang secara tepat dapat mencapai sasarannya. Bahasa efektif dapat dikenali dari pemakaian bahasa yang:

1. Sederhana
Sederhana berarti bersahaja, lugas, mudah, tidak berbelit-belit, baik tentang pmakaian kata-katanya maupun kalimatnya. Untuk itu hendaklah dipakai kata-kata yang biasa dan lazim
2. Ringkas
Kalimat yang ringkas umumnya lebih tegas dan mudah dipahami sedangkan kalimat yang panjang biasanya lemah dan kabur serta tidak cepat dipahami maksunya.
3. Jelas
Jelas berarti tidak samar-samar, tidak meragukan, tidak mendua makna atau tidak menimbulkan salah paham.
4. Sopan
Dalam surat-surat resmi bahasa sopan itu dapat dicapai dengan beberapa cara sebagai berikut:
a. Kalimat bervariasi
b. Menggunakan kata-kata yang sopan atau halus
c. Menggunakan kata sapaan atau kata ganti
d. Menggunakan kata-kata resmi (bukan kata sehari-hari)
5. Menarik
Menarik berarti dapat membangkitkan perhatian, tidak membosankn dan  dapat mengesankan pada angan-angan pembaca.
 Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah:
 Memahami kedudukan masalah yang dikemukakan.
 Memahami peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah itu.
 Mengetahui posisi dan bidang tugasnya.
 Hal-hal lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan.
DAFTAR PUSTAKA
http://contohsurat.net/2011/03/contoh-surat-pengumuman/#more-63
http://zaifzuned.wordpress.com/2010/07/26/contoh-surat-resmi-pribadi/

1 komentar: